MENERIMA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN AJARAN 2020 - 2021

Jumat, 28 September 2018

Penanaman Nilai Nasionalisme melalui Kedisiplinan

Surabaya- Dinamika yang berkembang di lingkungan masyarakat membuat siswa mengalami kemerosotan terhadap nilai-nilai karakter terutama nilai nasionalisme. Pengaruh kehidupan global membuat tatanan maupun sikap para siswa cenderung bertentangan dengan nilai-nilai positif yang sudah lama di jalankan oleh para pendiri bangsa. Pengenalan nilai dasar nasionalisme sangat perlu ditanamkan untuk menciptakan generasi yang cinta bangsa dan negara.

Banyaknya fasilitas yang dimudahkan, membuat siswa dan siswi merasa dimanjakan. Kedisiplinan yang seharusnya dimiliki setiap individu, jarang ditemukan pada generasi milenial ini. SD Muhammadiyah 10 Surabaya, mulai melakukan gagasan dengan cara mengenalkan
nilai nasionalisme melalui kedisiplinan siswa ketika masuk sekolah. Banyaknya siswa yang kurang disiplin dengan tidak masuk sesuai jam yang telah ditetapkan membuat mereka harus mendapatkan konsekuensi. Hal yang harus mereka lakukan adalah menghafal pancasila, membacakan proklamasi, dsb yang berhubungan dengan nilai patriotisme.

Selain memberikan kejeraan untuk lebih disiplin dan taat terhadap aturan, cara seperti itu juga secara
tidak langsung dapat mengenalkan nilai nasionalisme kepada siswa. Pendidikan karakter yang harus ditanamkan sejak dini secara tidak langsung perlahan  akan tersampaikan. Penerapan hal seperti ini baik untuk menumbuhkan sikap tanggung jawab dan semangat belajar siswa (M.W.T).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar