MENERIMA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN AJARAN 2020 - 2021

Jumat, 28 September 2018

Peran Penting Pendidikan


Proses Belajar Mengajar SD Muhammadiyah 10 Surabaya
Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menyiapkan generasi muda yang akan datang. Pendidikan yang berkualitas akan mampu membuat generasi penerus bangsa bisa lebih memiliki peran yang penting dalam rangka melakukan perbaikan terhadap dinamika permasalahan yang ada di masyarakat. Dalam hal ini, pendidikan akan menjadi warna bagi kehidupan di sekolah, masyarakat, bangsa dan Negara. Pendidikan sebagai bentuk perwujudan nilai-nilai budaya dan karakter suatu bangsa.
Pengertian pendidikan sejatinya melekat erat pada semua manusia yang hidup didunia  ini. Pendidikan ditanamkan semenjak dari buaian ibu sampai dengan ajal nanti, Hal itu tidak terlepas dari tujuan pendidikan itu sendiri, yakni untuk mencerdaskan bangsa dan memperbaiki kehidupan manusia ke depannya.  Upaya untuk menolong anak untuk dapat melakukan tugas dalam kehidupannya secara lebih mandiri dan dapat bertanggung jawab dalam dunia. 
Selain itu, pengertian lain mengenai pendidikan menurut Gunning dan Kohnstam adalah sebagai proses pembentukan hati nurani manusia, pembentukan tersebut secara etis sesuai dengan hati nurani. Dunia pendidikan tak ubahnya adalah dunia yang penuh dengan rasa tanggung jawab dalam segala hal, baik dari individu maupun untuk individu yang lain. 
Pendidikan sejatinya dimiliki oleh kita semua yang hidup di alam semesta ini. Tujuannya dilakukan secara sadar dan terencana untuk mewujudkan proses belajar mengajar agar semua elemen dalam hal ini di dunia pendidikan supaya bisa aktif dan mewujudkan apa yang dicita citakan. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) juga dipaparkan secara gamblang bahwa, pendidikan adalah suatu sistem evaluasi untuk tiap-tiap individu. Setelah mengetahui banyak tentang berbagai  pendidikan, menurut para ahli, menurut KBBI dan secara umum. Ada banyak sekali UU yang membahas tentang tujuan tersebut, berikut adalah pemaparannya.
Tujuan Pendidikan :
1. UU No.2 Tahun 1985
Dalam undang-undang No. 2 Tahun 1985 disebutkan, tujuan yang pertama yaitu untuk membuat masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang cerdas, bukan hanya dari segi yang bersifat individualis  tetapi pada sisi emosional juga. Selain itu, tujuan yang selanjutnya adalah menumbuhkan sifat religius dalam diri masyarakat serta memiliki rasa sosialisasi yang tinggi. Sehingga masyarakat mampu mengembangkan keterampilan yang dimiliki, memiliki kepribadian yang baik dan sesuai dengan nilai dan moral serta memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.
2. MPRS No.2 tahun 1960
Dikatakan dalam tujuan selanjutnya ialah membentuk individu yang memiliki moral dan perilaku sesuai dengan Pancasila serta individu yang mentaati dan bertingkah laku sesuai dengan apa yang terdapat dalam UUD 1945 baik pembukaan maupun dari isinya.
3. UUD 1945 (yang sudah diamandemen)
Dalam UUD 1945 yang sudah diamandemen, tujuan selanjutnya adalah berkaitan dengan kepemerintahan, pemerintah akan memajukan ilmu pengetahuan bersamaan dengan perkembangan teknologi, namun tidak mengabaikan penanaman nilai-nilai agama dan kesatuan berbangsa serta bernegara.
Dari ketiga pemaparan tersebut, dapat kita tarik kesimpulan bahwa betapa pentingnya suatu pendidikan. Oleh karena itu, mustahil orang bisa sukses tanpa adanya pendidikan yang pernah dialami selama hidupnya, dan mustahil pula orang bisa bekerja tanpa adanya pengetahuan yang didadapatkan dari pendidikan. (M.W.T)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar