MENERIMA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN AJARAN 2020 - 2021

Jumat, 21 September 2018

DARLING PEKAN INI : "BELAJAR DARI ONTA"

DARLING di Masjid Al-Ghafur
Tadarus Keliling atau yang biasa disingkat menjadi DARLING, merupakan salah satu kegiatan yang mulai dilestarikan oleh SD Muhammadiyah 10 guna memberikan motivasi dan bekal yang lebih kepada siswa-siswi kelas 6 dalam menjalani kehidupan ini.
Dalam kegiatan ini semua siswa diberikan kesempatan untuk menjadi MC, pembaca ayat suci al-qur’an, kultum, dll, yang dilakukan secara bergilir. Tujuannya untuk melatih mental siswa-siswi agar berani berkomunikasi dan tampil di depan publik.
Acara Darling pada tanggal 21 September 2018 pukul 13.00 WIB bertepatan diadakan di rumah ananda Nahdlatul Himma putri dari Bapak A. Munhamir. Kegiatan ini diawali dengan muraja’ah tahfidz siswa-siswi SD Muhammadiyah 10 dengan membaca surat Ar-rahman, kemudian diteruskan dengan acara pembukaan serta sambutan dari bapak kepala sekolah, dilanjutkan dengan Mauidhatul hasanah oleh pemateri, dan diakhiri dengan do’a yang dipimpin oleh perwakilan dari siswa kelas 6.
Pada waktu Mauidhatul hasanah yang disampaikan oleh Ustadz Bahrun Abidin selaku pemateri, mengajak anak-anak untuk merenungi firman Allah di dalam surat Al-Ghasyiyah ayat 17 (أَفَلا يَنْظُرُونَ إِلَى الإبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ) yang artinya “Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan.” Ada 4 hal yang bisa kita pelajari dari ayat tersebut:
1.    Onta itu minumnya banyak guna bekal perjalanannya. Artinya carilah bekal ilmu yang sebanyak-banyaknya sebagai bekal kehidupan di dunia dan akhirat.
2.    Onta itu jika dalam perjalanan hanya cukup sekali diarahkan. Hikmahnya adalah jika orang lain (orang tua, guru, dsb) memberikan petunjuk kepada kita, maka cukuplah sekali kita diarahkan.
3.    Onta itu jika sekali terjatuh, dia tidak akan jatuh di tempat yang sama. Hikmahnya adalah jangan pernah kita berbuat salah berkali-kali pada hal yang sama.
4.    Onta itu jika disembelih dia akan pasrah. Hikmahnya adalah kita harus selalu tunduk dan patuh kepada apa yang Allah dan RasulNya perintahkan.
Jadi, Allah menciptakan segala sesuatunya di dunia dengan maksud. Seperti halnya Allah menyuruh kita memperhatikan salah satu hewan ciptaanya agar kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran atas apa yang tidak diketahui hambanya. (MSN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar